Selamat Datang di Website Resmi Desa Kepunduhan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal

Artikel

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Kepunduhan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal

03 Juli 2023 09:58:24  Humas  212 Kali Dibaca 

Senin (03/07/2023) Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka pelayanan kesehatan dengan sasaran bayi dan balita. Layanan kesehatan yang diberikan meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, serta pemberian imunisasi pada bayi dan balita. Kegiatan Posyandu diadakan terjadwal, rutin setiap bulan. 

Kegiatan posyandu balita ini dilaksanakan oleh kader Posyandu Desa Kepunduhan dan di dampingi oleh Bidan desa. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sesuai jadwal yang telah disusun oleh Pemerintah Desa, Kader Kesehatan Desa Serta Bidan Desa. Sebagaimana yang kita ketahui, Posyandu berperan untuk memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan Posyandu Balita merupakan jenis pelayanan kepada anak usia nol bulan sampai dengan lima tahun berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak.

Manfaat posyandu balita tidak lain untuk memberikan imunisasi, gizi dan pelayanan kesehatan untuk anak. Posyandu balita dilaksanakan secara rutin di Desa Kepunduhan yang terbagi menjadi dua yaitu Posyandu Asoka untuk wilayah RW 01 dan Posyandu Anyelir untuk wilayah RW 02.

Penimbangan balita dilakukan rutin setiap bulan di posyandu Dusun Kepunduhan untuk memantau pertumbuhan balita. Hasil dari penimbangan kemudian dicatat di dalam KMS Balita, sehingga dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. Setelah balita mendapatkan pelayanan Kesehatan dari kader dan bidan desa, balita diberikan makanan tambahan.

Dengan adanya kegiatan rutin posyandu bayi dan balita, diharapkan kesehatan bayi dan balita bisa terpantau, dan mendapatkan imunisasi yang sangat berguna sebagai kekebalan bagi bayi dan balita terhadap berbagai penyakit. Sehingga diharapkan akan bisa meningkatkan kesehatan balita dan anak di Desa Kepunduhan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Menu Kategori

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Beringin No.1 Desa Kepunduhan Kec.Kramat Kab.Tegal 52181
Desa : Kepunduhan
Kecamatan : Kramat
Kabupaten : Tegal
Kodepos : 52181
Telepon :
Email : kepunduhanjaya96@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:104
    Kemarin:302
    Total Pengunjung:107.604
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.119.133.55
    Browser:Mozilla 5.0