Selamat Datang di Website Resmi Desa Kepunduhan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal

Artikel

Arak-Arakan Kubah (Ngarak Mustoko) Musholla Baiturrohim Desa Kepunduhan Kec. Kramat Kab. Tegal

13 Maret 2023 09:52:32  Humas  486 Kali Dibaca 

Senin (13/03/2023) “Ngarak Mustoko” atau yang lebih familiar dengan sebutan “Arak-Arakan Kubah” biasanya diselenggarakan pada acara pembangunan Masjid. Lain halnya dengan yang terjadi di Desa Kepunduhan, acara arak-arakan kubah diselenggarakan karena adanya pembangunan Mushola. Untuk Informasi, di Desa Kepunduhan terdapat delapan Mushola dan satu Masjid. Salah satu dari delapan Mushola yang ada di Desa Kepunduhan, untuk tahun ini sedang dilakukan pemugaran besar-besaran. Bangunan lama dirubuhkan seluruhnya, Termasuk kubah lama pun di turunkan dan diganti dengan yang baru. Oleh karena itu, kubah baru yang akan dijadikan sebagai ganti kubah yang lama, dilakukan prosesi atau ritual arak-arakan yang pada dasarnya dilaksanakan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

Selasa, 7 Maret 2023, diadakan acara yang belum tentu setahun sekali diadakan, atau bahkan sepuluh tahun sekalipun. Karena, acara tersebut bisa terlaksana jikalau ada Mushola atau Masjid yang dilakukan pemugaran atau renovasi secara besar-besaran. Acara tersebut adalah “Arak-arakan Kubah” atau “Ngarak Mustoko”. Arak-arakan tersebut dilaksanakan sebagai wujud syukur kepada Tuhan karena warga Desa Kepunduhan pada umumnya atau warga RT 08/RW 02, RT 01/RW 01 dan RT 02/RW 01 pada khususnya telah berhasil memugar atau merenovasi Mushola yang ada di Desa Kepunduhan.

Arak-arakan ini dimeriahkan oleh penampilan dari Drumband TK Al-Hidayah Desa Kepunduhan, Sehingga semakin menambah meriah acara arak-arakan tersebut. Selain itu, turut serta pula dalam rombongan arak-arakan diantaranya adalah Warga Desa Kepunduhan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Menu Kategori

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Beringin No.1 Desa Kepunduhan Kec.Kramat Kab.Tegal 52181
Desa : Kepunduhan
Kecamatan : Kramat
Kabupaten : Tegal
Kodepos : 52181
Telepon :
Email : kepunduhanjaya96@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:226
    Kemarin:412
    Total Pengunjung:95.603
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.98.11
    Browser:Mozilla 5.0